Apa Itu Flowchart?
FLOWCHART
Apa itu Flowchart?
Flowchart adalah representasi grafis dari suatu algoritma. Pemrogram sering menggunakannya sebagai alat perencanaan program untuk memecahkan masalah. Itu menggunakan simbol-simbol yang terhubung di antara mereka untuk menunjukkan aliran informasi dan pemrosesan. Proses menggambar flowchart untuk suatu algoritma dikenal sebagai "flowcharting".
Simbol Dasar yang Digunakan Dalam Desain Flowchart
- Terminal : Simbol oval menunjukkan Mulai, Berhenti, dan Berhenti dalam aliran logika program. Jeda/berhenti umumnya digunakan dalam logika program di bawah beberapa kondisi kesalahan. Terminal merupakan simbol pertama dan terakhir dalam flowchart.
- Input / Output : Jajar genjang menunjukkan fungsi apa pun dari tipe input/output. Instruksi program yang mengambil input dari perangkat input dan menampilkan output pada perangkat output ditunjukkan dengan jajaran genjang dalam diagram alur.
- Processing : Sebuah kotak mewakili instruksi aritmatika. Semua proses aritmatika seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ditunjukkan dengan tindakan atau simbol proses.
- Decision : Simbol berlian mewakili titik keputusan. Operasi berbasis keputusan seperti pertanyaan ya/tidak atau benar/salah ditunjukkan dengan berlian dalam diagram alir.
- Connectors : Setiap kali diagram alur menjadi kompleks atau menyebar lebih dari satu halaman, akan berguna untuk menggunakan konektor untuk menghindari kebingungan. Itu diwakili oleh lingkaran.
- Flow Lines : Garis aliran menunjukkan urutan yang tepat di mana instruksi dieksekusi. Panah mewakili arah aliran kontrol dan hubungan antara simbol yang berbeda dari diagram alur.
Kelebihan dari flowchart :
- Flowchart adalah cara yang lebih baik untuk mengkomunikasikan logika sistem.
- Flowchart bertindak sebagai panduan untuk cetak biru selama program dirancang.
- Flowchart membantu dalam proses debugging.
- Dengan bantuan program diagram alur dapat dengan mudah dianalisis.
- Ini memberikan dokumentasi yang lebih baik.
- Flowchart berfungsi sebagai dokumentasi yang tepat.
- Sulit untuk menggambar diagram alur untuk program besar dan kompleks.
- Dalam hal ini tidak ada standar untuk menentukan jumlah detail.
- Sulit untuk mereproduksi diagram alur.
- Sangat sulit untuk memodifikasi Flowchart.
Program untuk memasukkan input dua angka dari pengguna dan menampilkan sattu angka yang terbesar dari kedua angka tersebut.
Codes dalam bahasa C++ :
// Program C++ untuk mencari yang terbesar dari dua angka
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int num1, num2, largest;
/*Input two numbers*/
cout << "Enter two numbers:\n";
cin >> num1;
cin >> num2;
/*check if a is greater than b*/
if (num1 > num2)
largest = num1;
else
largest = num2;
/*Print the largest number*/
cout << largest;
return 0;
}
Output :
Enter two numbers:
10 30
30